Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran (Belajar.id)
Di Post Oleh: Rozi Pebrianto Tanggal: 01/11/2022 Di Baca121 kali

Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan Akun Pembelajaran, Anda bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Di bawah ini adalah cara untuk mendapatkan akun pembelajaran untuk sekolah Anda

Untuk Operator Satuan Pendidikan

  1. Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login
  2. Klik tombol "Unduh Akun", pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda
  3. Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi

Untuk Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan

  1. Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda
  2. Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan
  3. Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda
  4. Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda

 

Selain mendapatkan data akun belajar.id dari operator sekolah, pendidik dan peserta didik juga bisa mendapatkan akun secara mandiri melalui website belajar.id. 

Cara Mendapatkan Akun Belajar.id Untuk Pendidik dan Peserta Didik

  1. Buka halaman https://belajar.id/

  2. Masukkan data-data berikut:
    Nama Lengkap
    Nama Ibu Kandung
    Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik atau Pendidik
    Tanggal Lahir
    Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

  3. Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran

  4. Berikutnya Anda akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum. Berikut beberapa kondisi yang mungkin Anda temui:

    Akun tersedia dan sudah aktif
    Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

    Akun tersedia, namun belum aktif
    Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut:
    a. Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya", Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya".
    b. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar.
    c. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail

    Akun tidak ditemukan
    Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

    Jika Akun Pembelajaran tetap tidak ditemukan, silakan lakukan pemeriksaan status Akun Pembelajaran Anda ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

    Sumber

Top